UNNES Selenggarakan Sosialisasi Pedoman Penomoran Naskah Dinas

Bagian Umum BUHK Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyelenggarakan Sosialisasi  Pedoman Penomoran Naskah Dinasdi Lingkungan Universitas Negeri Semarang pada Rabu (15/5/2019) di Ruang 405 Rektorat  UNNES.

Kegiatan diikuti  sejumlah 165 orang, terdiri atas Kepala Bagian, Kepala Sub Bagian serta Operator Surat tiap Sub Bagian pada Unit yang ada di Unnes.

Kabag Umum Eko Febrianto, S.Pd., M.Kom selaku Panitia melaporkan bahwa dengan terbitnya Permenristekdikti  Nomor 23 Tahun 2018 tentang Klasifikasi Arsip, Retensi Arsip, dan Sistem Klasifikasi  Keamanan dan Akses Arsip Dinamis di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dan Surat Edaran MenristekdiktiNomor 5705/A.A3/SE/2018 Tahun 2018 tentang Penomoran Naskah Dinas di lingkungan Kemenristekdikti, maka Universitas Negeri Semarang perlu menyesuaikan dalam penomoran naskah dinasnya. Sejalan dengan hal tersebut maka Subbag Tata Usaha BUHK berkolaborasi dengan Subbag Hutala BUHK serta UPT Kearsipan menyusun Buku Pedoman Penomoran Naskah Dinas di Lingkungan Universitas Negeri Semarang Tahun 2019 sebagai petunjuk teknis dengan landasan hukum Peraturan Rektor Nomor 12 Tahun 2019.

Kegiatan dibuka oleh Kepala BUHK Unnes Dr. Sutikno, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini sebagai upaya untuk memudahkan dalam pelayanan di bidang pengelolaan administrasi tata persuratan di lingkungan Unnes serta menyelaraskan dengan perkembangan-perkembangan yang ada termasuk dari segi sistem yang sudah dibangun di Unnes terkait persuratan yaitu SIRADI.

Hadir sebagai narasumber Agung Kuswantoro, S.Pd., M.Pd selaku Koordinator UPT Kearsipan yang memberikan materi terkait bagaimana model penulisan penomoran naskah dinas Unnes yang baru dijelaskan antara lain adanya penambahan kode keamanan naskah dinas pada awal penulisan nomor untuk beberapa jenis naskah dinas serta kode klasifikasi yang lebih spesifik sampai ke tingkat sub sub kode. Narasumber kedua Mas’ul Fauzi dari UPT TIK memberikan bimtek pada SIRADI terkait dengan adanya perubahan pada penomoran naskah dinas yang berdampak adanya beberapa tambahan fitur pada sistem.

Acara berlangsung sangat interaktif meskipun pada bulan puasa tidak menyurutkan semangat dari para peserta untuk saling bertanya dan berdikusi, saran dan masukan dari para peserta juga menjadi bahan pertimbangan kedepan supaya proses administrasi persuratan di Unnes dapat berjalan lebih baik lagi.


About us

Biro Umum Hukum dan Kepegawain "SIAP" Santun, Inovatif, Amanah dan Peduli

Contact

Flickr

    Boxed
    Wide

    Main Background

    Color Scheme